Thursday, April 12, 2018

Semangat Pemuda, Awal Membangun Perubahan

Pemuda memiliki potensi besar dalam perubahan. Semangat membara, langkah awal menuju pembangunan peradaban. Jika pemuda begitu berpengaruh dalam ujung tombak kehidupan, maka sangat sesuai apabila amanah besar dipercayakan kepada mereka. Begitu juga muslimah, perannya sebagai guru pertama bagi para generasi mujahid dan mujahidah masa depan dipertaruhkan. Melalui tangan mereka, generasi baru mujahid dan mujahidah lahir.

Memandang dari sisi yang lain, kita saat ini dihadapkan oleh jutaan umat yang melaksanakan ibadah shalat, puasa, sedekah, haji dan sebagainya. Namun juga tidak sedikit diantara orang-orang muslim sendiri yang masih berada dilingkaran riba, judi, zina dan sebagainya. Patutlah dipertanyakan, apakah telah ada perubahan yang mendasar dalam kehidupan umat muslim?

Banyak diantara kita para pemuda yang memusatkan perhatian dan kerja kerasnya demi prestasi pendidikan yang tinggi, pekerjaan dengan gaji yang tinggi, dan kemapanan ekonomi untuk meningkatkan status sosial di masyarakat. Namun jika dihadapkan dengan urusan akhirat, hanya fokus dan mencukupkan diri dengan ibadah-ibadah yang dianggap ritual saja; shalat, puasa ramadhan, dzikir, membaca Al Qur'an, dan melaksanakan haji apabila mampu.

Mari kita simak terjemahan QS. Al Baqarah ayat 148 berikut, "Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Dimana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu,"

Kalimat yang perlu digaris bawahi dalam terjemahan QS. Al Baqarah ayat 148 ialah fastabiqul khairaat, yang berarti berlomba-lomba dalam kebaikan. Ayat ini bisa menjadi motivasi bagi para pemuda untuk meraih kebaikan dunia dan akhirat. Berlomba dalam kebaikan, tidak semata hanya berhubungan dengan Allah saja, tapi juga menuntut seorang pemuda dan pemudi muslim untuk peduli terhadap sesama makhluk.

Banyak dari umat muslim di sekitar kita yang belum mengenal ajaran islam dengan baik. Banyak umat muslim pula di sekitar kita yang masih melakukan kemungkaran-kemungkaran di muka bumi. Bahkan masih banyak anak-
anak, remaja, pemuda dan orang tua yang bahkan sekedar membaca al qur'an pun belum mampu. Lantas, inilah PR kita bersama untuk terus menyerukan kebaikan, dan memberi contoh yang baik. Oleh karena itu, kepada para pemuda!
Siapkah kalian untuk berfastabiqul khairaat?

Allaahu Akbar!
Allahu a'lam bis shawab.

_______________________________

Author : Kepala Departemen Kemuslimahan LDK Sunan Kalijaga peride 2017-2018, Putri Shakinah Ayuningtias

Editor : Ainun Shanaz Arumni
_______________________________

Sosial Media @ldksuka :
👥 : LDK Sunan Kalijaga
🐦 : @LDKsuka
📸️ : ldksuka
🎬 : ldk.suka
💌 : ldk.sunankalijaga@gmail.com
🌎 : www.ldkuinsuka.com

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)