Thursday, November 24, 2016

Perkara Mudah Yang Sering Dilupakan (Part 1)

Dan inilah yang akan dibicarakan kali ini yaitu adab makan dan minum yang diajarkan oleh Rosulullah SAW. Sebagai turunan dari perkara kecil yang mudah dilupakan.
Adab makan dan minum merupakan Ajaran akhlaqul karimah yang telah dicontohkan oleh rosulullah sebagai salah satu tugas kerasulannya beliau bersabda
“sesugguhnya Aku diutus kemuka bumi tidak lain untuk menyempurnakan Akhlaq”(HR.Al-Baihaqi).
Maka dari itu termasuk Akhlaq makan dan minum merupakan hal yang telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW . Diantara akhlaq makan dan minum yang dicontohkan oleh Rosulullah SAW.

Pilihlah makan yang halal dan baik
Allah ta’ala berfirman dalam QS.Al-Maidah ayat 88:
“Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepadaNya”.
Begitu banyak makanan yang halal lagi baik yang ada dibumi Allah ini mengapa memilih yang tidak baik yang akan merusak diri sendiri. Salah satu contoh makan yang halal dan baik yaitu Madu yang tidak hanya sebagai makanan kita tetapi ia adlah obat bagi segala penyakit.
Nabi SAW bersabda: pengobatan itu bersumber dari tiga hal yaitu madu, bekam, besi panas (namun nabi melarang menggunakan besi). (HR. Muslim)
Madu juga termasuk mengobati penyakit diabetes miningitus meskipun madu manis namun menurut penelitian mutakhir bahwa madu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes miningitus.

Berdoa Sebelum Makan Dan Minum
Berdoa sebelum mengerjakan setiap aktivitas merupakan aktivitas positif yang telah dicontoh oleh rasulullah SAW. Bahkan ada ancaman tidak bernilai ibadah disisi Allah ketika mengerjakan aktivitas kita tidak berdoa dengan minimal membaca basmalah.
Seorang mahasiswa UGM mengadakan sebug penelitian dengan judul “efek terapi doa terhadap ketenagan pasien lansia di RS.Sarjito”. hasil riset mengatakan ketika dilakukan terapi doa memang mempunyai ketenagan yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa doa adalah perkara yang sangat penting dalam islam, doa seorang hamba yang teraniyaya misalnya akan menguncang ‘arsynAllah ta’ala. Dr maruto seorang ilmuan peneliti air dari Hedo Institut menurut hasil penelitian tentang air, dengan pengujian air yang dibacakan kalimat yang baik dan air yang lain dibacakan kalimat yang buruk, adapun air yang dibacakan kalimat yang baik ia akan membentuk molekul air yang tersusun rapi semtara yang dibacakan kalimat yang buruk akan membentuk molekul air yang tidak tersusun rapi/amburadul.

Makan Dan Minum Dengan Tangan Kanan.
makan minum menggunakan tangan kanan merupakn contoh akhlaq yang terbaik baik sisi etika maupun ilmu kesehatan. Makan minum dengan tangan kanan adalah contoh langsung dari Rasulullah SAW. Benar saja dalam pandangan kita misalnya tangan kiri difungsikan untuk bersih-bersih sehingga bukan suatu kepantasan untuk menyuapi kemulut kita. Makan dengan kanan merupak contoh yang diajarkan oleh iblis dan para syaithon.
Allah ta’ala berfirman:
“hai manusi makan lah dari makanan yang halal dan thiyibba, jangan mengikuti langkah-langkah syaithon sesungguhnya syaithon itu musuh yang nyata bagimu”. (QS.Al-Baqoroh 168).

Makan Dan Minum Sambil Duduk
Makan dan minum sambil duduk adalah cara makan yang sanagt manusiawi ia akan memberikan dampak positif bagi metabolisme tubuh kita dan makan sambil duduk ini telah diajarkan Rasulullah sebagi sunnahnya 14 Abad yang lalu. Ketika makan sambil duduk kondisi ini akan memberikan ketenagan bagi tubuh dalam mencerna sehingga makanan akan teratur menuju usus dan lambung , makan minum sambil berdiri otak sebagai instuktor akan mengalami ketidak fokusan mengolah makanan sehingga masuknya cepat sekaligus kelambung sehingga akan mengurangi fungsi lambung dan menurunnya fungsi lambung serta makan sambil berdiri akan berisiko tinggi terkrna penyakit Hermania

Diawali Dengan Mengonsumsi Buah Atau Segelas Air Putih
Dalam ilmu kesehatan gizi buah-buahan memiliki proses pembusukan lebih cepat sehingga memperlancar proses metabolisme tubuh, begitulah contoh yang dianjurkan oleh Rasulullah bahkan jika tidak menyimpan buah minumlah air putih sebelum menyantap makanan yang lain.
Imam An-Nawawi menceritakan:
Seorang membawa kurma basah dan kurma kering kepada rasul, lalu Rasul berkata makanlah buah buah kemudian baru menyantap hidangan.

Tidak Meniup-Niup Makanan
Rasul mengajarkan untuk sabar menghadapi yang panas-panas termasuk dalam menyantapi makan atau minum air yang panas selain membahayakan kesehatan hal itu merupaka akhlaq yang tidak baik karena didalam menunggu dinginnya makanan ada pendidikan kesabaran. Dalam disiplin ilmu kesehatan makan atau minuman yang panas Mengandung H2O dan udara yang keluar dari mulut kita saat ditiup adalah CO2 sehingga akan menyebabkan asam yang tinggi dan akan mengakibatkan osidosis serta akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh(proses masuknya makanan-saat dicerna-hingga dibung). Hal ini akan mengakibatkan terganggunya fungsi-fungsi alat-alat pencernaan.

Tidak Mencela Makanan

tidak mencela makanan merupakan satu akhlaq yang sanagat terpuji yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Ada aspek mensyukuri nikmat makanan atau rezeki yang baik yang diberikan Allah kepada kita. Mecela makanan adalah sifat tercela karena mengikari nikmat Allah serta akan menyakitkan orang yang membuat makanan atau minuman tersebut. Cotoh indah dalam Akhlaq rasul ketika dibuatkan minuma oleh ‘Aisyah RA. Ketika aisyah membuatkan minuman untuk rasul tanpa dicobanya lansung diberikan kepada rasul, kemudian rasul lansung mencoba minuman yang dibuat oleh sang istri tersebut secara tiba-tiba lidah rosul merakan rasa yang kurang enak, sehingga ditanya oleh ‘aisyah ada apa wahai Rasulullah ada apa dengan minuman itu? Rasul menjawab ayok kita minum  berdua, ketika ‘Aisyah mencoba minuman itu maka tahulah ia bahwa minuman yang ia berikan kepada rosulullah tidak seperti biasanya yang enak disantap. Begitulah akhlaq yang ditunjukkan oleh nabi kita beliau tidak mencela minuman atau makan yang datang kepadanya.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)