Thursday, November 24, 2016

Adab Dalam Berdakwah (Part 1)

Sebelum berbicara tentang adab dalam berdakwah, perlu kita kenali terlebih dahulu apa itu adab, Adab itu adalah salah satu cabang keilmuan yang menjadi dasar utama yang penting bagi ummat islam khususnya, Adab itu sebelum ilmu, dan ilmu itu sebelum perkataan dan perbuatan, Ulama2 salaf (terdahulu) pun mengatakan bahwa pentingnya tentang adab itu sendiri, sebagaimana salah satu ulama mngatakan "cabang ilmu apapun yang kau pelajari bisa kau dapatkan  dalam waktu satu/dua minggu, sedang adab adalah hal yang kau pelajari hingga kau mati" hal ini menunjukkan begitu pentingnya adab dalam kehidupan kita semua.
Adab akan mengakibatkan pada akhlaq al karimah, maka sebagian ulama mengatakan "menjadi sebuah anugerah adalah ketika engkau dibenci dengan kebenaran yang kau bawa/ sampaikan, tapi menjadi musibah apabila engkau dibenci karena akhlaq yang ada pada dirimu" karena ketahuilah, uswah kita Rosulullah Saw. itu dibenci dengan apa yang beliau sampaikan dan beliau dicintai karena Akhlaq yang beliau miliki.

Berbicara tentang adab dalam berdakwah akan menuju kepada dua hal, yaitu kepada Da'i (orang yang berdakwah) dan kepada Mad'u (orang yang didakwahi), Dakwah adalah menjadi kewajiban bagi setiap ummat islam, ia menjadi komponen yang penting dalam agama ini, akan tetapi masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana islam mengajarkan adab dalam menyampaikan/ menyeruh kepada Allah swt. Di dalam kitab Al mausua'h Al adab Al Islamiyah pada Bab Dakwah Ila Allah dijelaskan beberapa adab dalam berdakwah, yaitu:

Ikhlas karena Allah Swt
Ikhlas adalah sebab dari niat yang lurus karena Allah swt. Sbgmna yang kita ketahui bahwa ikhlas juga menjadi salah satu syarat diterimanya sebuah ibadah seorang hamba. Niat adalah hal yang penting beribadah, karena ia menjadi pembeda antara ibadah yang satu dengan yang lainnya, niat juga adalah perkara yang penting yang akan mengakibatkan pada apa yang kita dapatkan nantinya sebgmna di dalam hadist arbain annawawi yang pertama. Niat adalah perkara yang tidak mudah, krna seorng  sahabat saja pernah mngatakan bahwa "tidak ada sesuatu yang lebih sulit yang aku perbaiki kecuali niatku"

Ilmu
Seorang Dai menjadi kewajiban baginya untuk mengetahui apa yang ia sampaikan agar apa yang nnti disampaikan tidak terjadi penyimpangan karena materi dakwah yang tidak ia ketahui, ilmu menjadi komponen penting krna ilmu itu sebelum perkataan dan perbuatan.

Memperhatikan kondisi Mad'u
Seorang da'i harus mengetahui cara yang tepat untuk mendakwahi mad'u, berbeda antara si kaya dan si miskin, seorang penguasaha dengan rakyat biasa, dan lain sebagainya, agar dakwah ini mudah di terima oleh mad'u dengan cara yang paling baik bagi mereka.

Memanfaatkan kondisi apapun untuk berdakwah
Kondisi apapun bisa menjadi ladang dakwah bagi kita semua, dakwah tak selalu harus berdiri di atas mimbar, berceramah di dpn khalayak atau semisal dengannya, karna kondisi apapun bs menjadi ladang dakwah seperti sholat tepat pada waktunya sbgai contoh bagi yang melihatnya, dan amalan2 baik yang bisa mnjdi motivasi atau penggerak bagi siapapun yang meilihatnya 4 hal di atas adalah beberapa di antara adab dalam berdakwah, ke empat hal itu menjadi bgtu penting yang harus diketahui oleh setiap da'i, dan masih ada bberapa hal lagi  yang berkaitan dengan adab dalam berdakwah yang nanti akan di bahas dalam pertemuan2 selnjutnya.

Wallahu'alamu bisshoab
Semoga Allah selalu menjaga kita dalam setiap langkah dakwah yang kita lalui 

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)