Sunday, May 10, 2015

Menghilangkan Dosa Dengan Berjabat Tangan

 
Siapa manusia yang tak mempunyai dosa? Setiap manusia mempunyai dosa yang ditanggungnya terlepas seberapa besar dosa yang telah dilakukannya. Hal ini dikarenakan sifat dasar manusia yang mempunyai sifat lalai sehingga dapat melakukan dosa kapan pun dan dimana pun baik disadari ataupun tidak disadari.
Seseorang yang mempunyai dosa akan mendapatkan hukuman yang berat di neraka nanti. Mereka yang menyakini hal ini, akan segera bertaubat setelah sadar telah berbuat dosa dan menjaga diri dari perbuatan-perbuatan yang di larang oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Banyak ibadah yang dapat di lakukan agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengampuni dosa hamba-hambanya seperti halnya berjabat tangan. Sebagaimana Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam bersabda

مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا

Tidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah.”

Dalam hadits diatas kita dapat mengambil pelajaran berupa murahnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam mengampuni hambanya. Selain itu, kita  juga  dapat menjalin persaudaraan dengan sesama. Maka dari itu, mari kita sering berjabat tangan, baik itu dengan teman, saudara, orang tua bahkan orang lain untuk menghapus dikit demi sedikit dosa kita dan juga menjalin persaudaran dalam bersosial dan bermasyarakat.
Ali Ruslan

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)