Tuesday, April 1, 2014

Perhatikan Satu Menit dari Umur Kita

Inspirasi :
Tamim Ad-Dary ketiduran pada suatu malam hingga pagi hari, sehingga dia tidak sempat shalat tahajjud. Maka sebagai hukuman atas kelalaian dan keteledorannya, ia tak pernah tidur malam selama satu tahun.

Ibnul Mubarak berkata “ Sesungguhnya orang –orang shalih dapat menghela nafas dirinya kepada kebaikan secara suka rela, sementara kita tidak dapat menghela diri kita kecuali setelah memaksanya”

Aidh Al-Qarni dalam bukunya “Berbahagialah” menyebutkan bahwa betapa sia sianya hidup kita ketika melewatkan setiap menit dan detik tanpa satu amalpun.

 ---***---

Dari berbagai sumber yang dikutip dari google Dalam satu menit tersimpan aneka kebaikan yang dahsyat diantaranya :

1.  Membaca satu dua ayat yang berisi puluhan huruf, yang satu huruf bernilai sepuluh kebaikan,  bernilai 25 kebaikan bila punya wudhu, dan berhaga 100 kebaikan perhuruf bila dibaca dalam shalat.

2 . Membaca “ Subhanallah wa bi hamdih” bisa seratus kurang dalam semenit. Dengan limpahan pahala yang luar biasa. “Barangsiapa mengucapkan ‘Subhanallah wa bi hamdih’ seratus kali, maka Allah akan mengampuni dosannya meskipun seluas samudra” demikian berita gembira dari nabi. Itu butuh waktu kurang dari 1 menit.

3.Dalam satu menit kita bisa membaca 4 halaman buku , berarti satu jam kita bisa membaca 4x60 = 240 halaman atau setara dengan buku ukuran tebat. Bila kita komitmen satu jam saja sehari , bersrti satu pecan kuta sudah baca 7 buku ukuran sedang.

4.Coba perhatikan, dalam 1 menit saja kita bisa membaca Al-Fatihah dengan tartil, baik dan jelas, sebanyak 7 kali. Menurut para Ulama, kebaikan yang tersimpan dalam Al-Fatihah ada seribu emoat ratus kebaikan. Silahkan kalikan 7. Akan dapat ribuan kebaikan dahsyat didalamnya.

5.Waktu 1 menit kita bisa mendapat pahala khatam Al-Quran sebanyak 7 kali. Apa sebabnya? Coba and abaca dalam satu menit “Qulhuwallahu Ahad” sebanyak 21 kali. Bukankah itu sama dengan pahala 7 kali khatam Al-Quran. Sebagaimana kata nabi , bahwa “Qulhuwallahu Ahad” adalah sepertiga Al-Quran? Lakukan dan Buktikan !!!!

       Saudaraku, masih begitu banyak kebaikan dalam satu menit yang kita lewati. Makannya jangan sampai terlewatkan umur kita kecuali terisi dengan kebaikan yang banyak. Kita tak tau mana diantara kebaikan itu yang berpahala di sisi Allah. Barangkali justru yang kecil-kecil itulah –karena kita ikhlas banget , tidak mengharapkan pujian siapapun- yang justru menghantarkan kita ke surge yang Allah Janjikan.

” Laa tahqiranna minal ma’rufi syai-an… Janganlah engaku remehkan sekecil apapun dari kebaikan”

         Jadi amalan amalan diatas bisa memotivasi kita, untuk mempergunakan waktu yang kita miliki dengan sebaik mungkin.

Filusuf Persia, Barzanjamhari mengatakan :
“Jika Kesibukan dapat menimbulkan kelelahan, maka waktu luang akan dapat menimbulkan kerusakan.”

       Selamat berprestasi dan raih kemenangan. Sebab “ Tidak kudapatkan cela yang paling besar pada diri seseorag selain kemampuannya untuk sempurna, akan tetapi dia tidak mau berjuang untuk meraihnya” demikian kata Abu Thayyib Al-Mutanabi.



Refrensi : Quantum Tarbiyah Ust. Sholikin Abu Izzuddin (@pkshol)

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)