Tuesday, March 18, 2014

Totalitas ?


Ilustrasi

Terkadang kita sendiri lupa akan esensi materi materi yang telah disampaikan atau yang telah kita dengar dalam kajian kajian yang rutin kita jalani dalam penerapannya. Bisa juga saat itu hanya malas malasan datang , karna kalau ngga datang ngga enak sama gurunya.sehingga saat melakukan amanah terkesan "loyo".
 
   Hal hal seperti itulah kadang yang membuat ilmu kita terkubur dalam sedalam lautan. Harus menyelam lagi untuk mengambilnya. Lalu apa yang harus dilakukan?. Ya pertanyaan yang sangat bagus. Sangat sering sekali penekanan penekanan terjadi pada niat awal kita. Niat Niat Niat !!!. Niatnya sih yakin... tapi ....  kadang setelah berniat , totalitas dari niat itu nihil. Jadi yang pertama perbaiki niat kita menuntut ilmu untuk memberikan manfaat kepada sesama dan melakukan amanah dengan segenap potensi yang kita miliki. yang kedua adalah kita harus peka terhadap kondisi diri sendiri. Gimana caranya? ya semisal lagi males , ambil wudhu baca quran. Semisal lagi sibuk , benahi lagi manajemen waktu kita. Ketika semuanya telah kita atur dan komitmen kita kuat terhadap aturan itu, rasanya mudah untuk melakukan apapun dalam hal kebaikan.

  Tidak hanya berhenti di situ , Patner adalah reminder nyata kita, kalau cuma di setting dalam memo hp atau gajet lainnya ya ngga efektif. patner yang akan mengigatkan kita, menyemangati kita dan memberikan kita rasa "wah ada yang masih memperhatikan kita" . Patner dalam konteks ini bisa sahabat , teman satu kos, yang bisa mengigatkan kita saat kita lagi futur. nah yang selanjutnya kita harus Totalitas jangan setengah setengah . dalam sebuah hadis disebutkan

"Sesungguhnya Allah mewajibkan kebaikan atas segala sesuatu" HR.Muslim

Jadi baiknya kita lakukan dengan ikhlas , tollitas tak terbatas.
Tak ada lagi kata " ini tugas ane , ini tugas ente, ini bagian ane, ini bagian ente"
semua kita kerjakan bersama sama untuk membangun satu tujuan  .
 
Ya Mulai sekarang yuk kita berbenah bersama sama, mulai berproses dari sekarang, melalui fase fase dalam proses menuju lebih baik. saling mengingatkan :))
  

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)