Friday, February 21, 2014

Ridho Atas Ketentuan Allah

"Tidak Sekalipun Nafas yang Engkau Hembuskan, Kecuali di dalamnya ada ketentuan Allah yang berlaku atas dirimu"

Ini adalah kisah sedih seorang sahabat, saat cintanya kepada seoarang wanita kandas, padahal usaha dan persiapan sudah ia persiapkan betul betul sebelumnya, sedikit lagi. Ia beberapa bulan sebelumnya mengatakan ia akan melamar wanita itu sebulan lagi. Siapa sangka Takdir Allah berkata lain. Wanita itu ternyata sudah dilamar oleh orang lain. Mimpi tentang kebahagiaan hidup berumah tangga bersama wanita yang ia cintai pupus sudah. Tak terbayangkan kepedihan yang dirasakan sahabatku ini. Angan angan yang sudah ia rajut sejak lama. terurai dan lenyap dalam sekejap.

Tapi, bagaimana lagi. Inilah hidup. Ada Suka dan Dukanya. Ada senangnya ada sedihnya. kadang kita menemui kejadian yang tanpa harus kita meminta kita diberi. Tidak jarang pula kita mendapat suatu yang surprize. tapi dilain sisi kadang kita juga sering meminta sesuatu kepada Allah. tapi tak kunjung pula diberi. Atau kadang kita meminta suatu hal lain. Tapi yang terkabul adalah hal berkebalikan. 

Jika kita dihadapkan pada pilihan antara Senang dan Sedih, tentulah Senang yang akan kita pilih. Jika harus memilih sehat dan sakit, sehat pasti itu pilihannya. 

Namun semua itu bukan tentang pilihan, tetapi tentang apa yang harus kita jalani. Sebagai bagian dari ketetapanNya. Pilihan kita satu satunya adalah : tetap Ridho atas TakdirNya. Karena sejatinya seburuk apapun yang terjadi, sesedih apapun yang kita rasakan. Ketetapan Allah adalah hal yang terbaik buat Hambanya. Karenanya akan selalu ada hikmah dibalik semua yang ia tetapkan. Al Khoiru Fi Waqo'.

Hal yang menimpa sahabatku ini masih menjadi perdebatan diantara teman teman lain. Ada yang bilang "lu sih kelamaan bilangnya, menunda nunda". Terlepas dari perdebatan itu semua, bagi sahabatku itu merupakan ujian bagi kemantapan Aqidahnya. seberapa ia percaya pada Takdir Allah.

Tidak ada hal yang perlu disesali dari kejadian tersebut. Segala hal yang terjadi di muka bumi ini adalah dibawah kendaliNya. Tidak ada hal yang buruk. Semua kejadian didunia ini adalah netral sifatnya. tergantung diri kita yang menilai. Apakah kita bisa memaknai setiap kejadian itu dengan makna yang bijaksana atau tidak?

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)