Monday, November 18, 2013

Kesedihan Masa Lalu, Lupakanlah!!!


"Peristiwa datang dan pergi, kadang beberapa harus kita tinggalkan atau lupakan, untuk mengurangi beban ketika berlari."


Kita melalui banyak waktu dan keadaan, pun banyak cerita kita torehkan di setiap episodenya. kadang ada cerita baik, ada pula cerita buruk. ada cerita yang mengesankan ada cerita yang memalukan. ada cerita membahagiakan ada cerita yang menyedihkan. semua peristiwa masa lampau itu terkumpul dalam cakrawala kenangan kita, menghiasi ingatan ingatan, kadang ingatan itu ada yang muncul ke permukaan kasadaran kita. Mengingat peristiwa sedih membuat kita menangis, sebaliknya mengingat cerita bahagia, membuat kita menjadi senang.

Kadang, dari sekian banyak ingatan yang muncul ke permukaan kesadaran kita, ada satu dua ingatan yang menjebak kita. Mungkin ada ingatan yang menyedihkan, kemudian ingatan itu kita bawa sampai kehidupan sekarang, terus membayangi, mengembalikan kita kepada ingatan masa lalu yang seharusnya kita lupakan. Ingatan tentang kegagalan, kemudian membuat kita kurang optimis. sebaliknya ingatan tentang kesuksesan, membuat kita meremehkan sesuatu, jumud dan sombong.

lebih khusus kepada ingatan kesedihan di masa lalu. bahwa kita tidak akan meraih perasaan bahagia. hingga kita mampu menghapus dan melupakan kesedihan di masa lampau. lupakan saja masa lalu itu, karena kita sedikitpun sudah meninggalkan dan pula kita tidak dapat sedikitpun memperbaikinya. semua telah berlalu.


Orang yang Beriman adalah orang yang paham betul bahwa segala yang telah terjadi, baik ataupun buruk, kecil ataupun besar, manis maupun pahit,

" Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menulis takdir seluruh makhluk lima puluh ribu tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi." 
( Hadits riwayat Muslim (6919) dari Abdulullah bin 'Amru )

Orang yang mengimani takdir Allah Subhanahu wa Ta'ala tahu bahwa apa yang di kehendaki Allah pasti akan terjadi. Tak ada seorangpun yang dapat mencegahnya. Termasuk peristiwa pahit yang kita alami. Maka catatan-catatan kepedihan masa lalu, harus segera dilipat dan di tutup untuk selamanya di gudang yang bernama lupa. Karena ia adalah catatan usang yang sudah habis masanya dan tak berguna lagi membukanya.Tidak ada artinya mengingat - ingat kepedihan masa lalu. Tak ada pula gunanya memperbaharui kesedihan masa silam. Apalagi berusaha menjernihkan sesuatu yang keruh yang telah terjadi di masa lampau.

Bebaskan jiwamu dari belenggu dan bayang bayang masa lalu. sebab kita tidak mungkin bisa mengembalikan barang sepotong. kita tidak mungkin bisa mengembalikan aliran sungai ke mata airnya. Kita tak mungkin mengembalikan Matahari ke ufuk timur tempat ia terbit. dan kita pun tak mungkin bisa mengembalikan bayi ke rahim ibunya.

" Berusahalah meraih apa-apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan bersikap lemah. Jika musibah menimpamu, janganlah katakan :
 "Seandainya aku melakukan ini dan ini tentu hasilnya akan begini dan begini". 
Akan tetapi katakanlah : 
" Ini adalah takdir Allah, apa yang di kehendaki- Nya pasti terjadi." 
Sebab berandai - andai itu dapat membuka pintu kejahatan setan.  ( Hadits riwayat Muslim (6945) dari Abu Hurairah )

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)