Saturday, June 1, 2013

Rekrontruksi kembali struktur LDK Suka dalam pemaksimalan perannya sebagai lembaga dakwah kampus


Struktur sebuah organisasi memiliki posisi vital dalam berjalanya tujaun dan fungsi organisasi itu sendiri. Didalam struktur termuat alur gerak langkah, bagian demi bagaian yang yang saling berhubungan demi terciptanya kerja yang harmonis dalam pencapaian tujuan. Struktur dibentuk karena adanya Visi dan Misi, tujuan yang hendak dicapai, degan kata lain sebuah struktur adalah mesin yang akan menggerakan dalam pencapaian visi dan Misi. 
Berubahnya suatu tujuan atau orientasi kerja akan berdampak pada sebuah peruabahan, penambahan atau penguragan struktur organisasi. Tidak terkecuali untuk LDK yang mempunyai orientasi tujuan jangk pendek yang bebeda setip tahunny adalam pencapaian tujuan jangka panjang.
LDK Sunan Kalijaga sebagai sebuah organisasi gerakan yang berlandasakan pada asas islam yang bertujuan untuk membumikan nilai-nilai keislaman di UIN Suanan Kalijaga pada khuasusnya dan masyarakat luas pada umumnya membutuhkan sebuah dinamisasi struktur yang selalu berubah sesuai dengan kebutuhan kampus dan masyarkat. Perubahan-perubahan ini akan menunjukan semakin luasnya jangkauan Dakwah dan gerak Ldk kedepannya.
Didalam tahun ke satu dan ke dua bisa dikatakan adalah tahun penyolidan, pengompakan kader, struktur kerja, perapian gerak langkah, dan persamaan pseresepsi, visi, misi dan tujuan. Upaya demi upaya yang telah dilakukan berbuah pada kuatnya ikatan ukhuwah antara kader, hubungan anatadepartement yang semakin baik dan efektif sehingga karya-karya besar telah sanggup ditorehkan.
Adanya wacana pengembagan peran LDK yang lebih luas dalam penyampaian risalah Islam ke dalam masyarakat Kampus akan berdampak pada penyusaian-penyusaian kembali stuktur organisasi. Penyusaian ini adalah langkah awal penmaksimalan fungsi kader dalam pencapaian tujaun LDK tersebut.
Saat ini didalam LDK ada 4 Departemen, yaitu Departemen Syiar yang berfungsi sebagai syiar Islam lewat Kajian-kajain Keislaman, Departemen Media dan Jaringan yang berfungsi sebagai penyampai nilai-nilai keislaman melalui dunia maya,dan juga berfungsi sebagai departemen yang berfungsi  menjalin jaringan anatar komponen-komponen baik didalam kampus ataupun diluar kampus, Departemen Kemuslimahan yang berfungsi sebagai wadah mengenai masalah muslimah, dan Departemen Fundrising yang berfungsi penopang kemandirian LDK dalam bidang pendanaan. Keempat departemen inilah yang menopang berbagai kegiatan LDK selama ini.
Dalam rekontruksi struktur ini, bukan mengubah seluruhnya tetapi hanyalah penambahan  deparetemnt dan perubahan nama , fungsi sebagain departement. Hal ini diperlukan untuk penunjang fungsi LDK kedepan, departemn itu yaitu

1.       Departemen Kastrat (kajian strategis)
Departement ini akan fokus dalam bidang pemikiran,keilmuan, penaggapan isu-isu yang sedang berkembang serta pernyataan sikap LDK terhadap berbagai isu yang ada tersebut. Diharapkan dari departement ini memunculkan kader yang mempunyai wawasan luas, berfikir kritis, berkeilmuan dan keislaman yang lurus, mampu berargumen secara ilmiah, bertanggung jawab dan sanggup mengcounter berbagai pemikiran yang menyimpang dari Islam, memunculkan budaya ilmiah dan diskusi. berfifir global, beraksi lokal, sehingga terciptlah kader yang berilmu amaliah, beramal ilmiah.

2.       Departement ekstern.
Departemen ini khusus sebagai penghubung LDK dengan komponen yang didalam ataupun diluar kampus, penjalinan kerjasama, kunjugan-kunjugan ke berbagai institusi sebgai penguatan eksistensi LDK di masyarakat kampus atau pada umumnya. Departement ini juga memgangg peranan FSLDK sebagai pengerat silaturahim antar kampus. Departemen ini sangat dibutuhkan mengigat permasalah LDK selama ini baik faktor eksternal maupun internal.

3.       Departement Media dan Opini
Selain bertugas dalam syiar lewat media, departement ini juga sebagai penggalang dan penyebar opini-opini positif dari kader (termasuk opini dalam dep. Kastarat)  yang akan disebarluaskan ,selain itu juga bertugas khusus sebagai peliput (wartawan) setiap kegiatan LDK dan penjaga eksistensi LDK di dunia maya.

4.       Departement syiar dan pelayanan umat
Selain bertugas dalam penyiaran keislaman, juga sebagai departemt yang berfungsi sebagai pelayanan umat, sebagai contoh; ketika PMB pastinya banyak MABA yang membutuhkan info kos-kosan atau banyak lainya, departemtn inilah yang akan berfungsi untuk melayani kebutuhan tersebut
Selain hal diatas rekontruksi juga meliputi ranah pengkaderan, hal ini insyaAllah akan di bahas dalam tulisan selanjutnya. Terimaksih, semoga bisa menjadi pertimbagan untuk kemajuan LDK ke depan.

# Ikhlas, Totalitas, Tak Terbatas.
Johan rubiyanto
staf Dep. Media Dan Jaringan


0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)