Tuesday, June 18, 2013

Muktamar#3 LDK Sunan Kalijaga


 Sabtu, 15 Juni 2013 kemarin Ldk Sunan kalijaga menyelenggarakan acara Pra Muktamar sekaligus pembukaan Muktamar#3. Dengan dihadiri oleh delegasi dari beberapa ldk di wilayah Yogyakarta, acara pun berjalan dengan lancar dan penuh khidmat.

Acara pra-muktamar yang dimulai sekitar pk.07.30, diawali dengan lantunan kalam Illahi, yang dilanjutkan sambutan dari Akhina M.Ibnu Rusydi selaku ketua Ldk Sunan Kaliaga. Dan kemudian diteruskan dengan taujih robbani oleh Ustad. Talqis Nurdianto, Lc dengan mengusung tema sesuai dengan tema Muktamar#3 Ldk SuKa, yaitu “Ikhlas Totalitas Takterbatas”   

“Pembeda antara perbuatan baik dengan ibadah adalah terletak pada niatnya, oleh karenanya penting bagi kita utuk terus memperbaharui niat kita, apalagi dalam berdakwah. Lurukan niat, karena segala perbuatan akan dinilai berdasarkan niatnya.
Urgensi niat dalam dakwah adalah karena jalan dakwah yang kita jalani ini adalah jalan yang penuh onak dan duri, ketika niat kita telah lurus untuk menegakkan kalimatullah, untuk membela agama-Nya dan semua hanya untuk Allah, maka kita pun akan ikhlas dalam menjalaninya. Tak akan ada keluh kesah, tak ada tangis penyesalan, dan tak ada hentakkan napas penyesalan. Yaa... karena kita melakukannya dengan Ikhlas.
Dan Allah pun menyukai segala pekerjaan yang dilakukan dengan profesional/ secara totalitas, dan salah satunya adalah totalitas dalam keikhlasan. Jika sudah berlandaskan keihklasan, maka kitapun akan melakukan segalanya dengan totalitas sebaik-bainya, dan semaksimal mungkin.”
Begitu kurang lebih inti dari taujih yang disampaikan oleh Ustad Talqis, yang mampu membuat kita merenungkan kembali atas amal-amal kita selama ini. Sudahkah semua perbuatan yang kita lakukan selama ini kita niatkan untuk Allah??? yaa... ini menjadi renungan bagi kita semua.

Setelah taujih selesai, acara pun dilanjutkan dengan sambutan dari Akhina Jamhari selaku ketua FSLDK-Jogja, yang memberi sambutan sangat positif atas perkembangan dan kemajuan yang dialami Ldk Sunan Kalijaga saat ini.

 Tak terasa acara Pra-Muktamar telah berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti, hingga akhirnya tepat pk. 10.00 acar Muktamar#3 Ldk SuKa pun dimulai, dengan agenda awal penentuan ketua sidang sementara, dan dilanjutkan dengan sidang Tatib (Tata Tertib). Sidang yang berjalan cukup alot, namun dapat dilalui dengan baik.

Ba’da dzuhur, setelah sidang Tatib selesai. Dilanjutkan dengan pembentukan Komisi A dan Komisi B untuk mendiskusikan terkait GBHK dan rekomendasi-rekomendasi untuk LDK kedepannya...

Acara dilanjut di hari ke-2, Ahad 16 Juni 2013.

Hmmm... cukup panjang jika kami ceritakan secara detail di sini, namun yang jelas serangkaian acara muktamar# 3 Ldk hingga LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) pengurus periode th 2012-2013 kemarin dapat berjalan dengan baik, dan penuh musyawarah mufakat. Dengan keputusan bahwa LPJ diterima dengan syarat penyempurnaa LPJ. 

Hingga puncak  acara muktamar#3 ldk yaitu sidang suksesi penetapan Ketua baru untuk Ldk Sunan Kalijaga pun tiba juga. Sekitar kurang lebih pk 16.00 sidang suksesi dimulai dengan dipimpin langsung oleh Ketua LDK (Akh.Rusydi). Dari 9 calon yang terpilih, kemudia diseleksi berdasarkan syarat ketentuan Ketua Ldk yang tercantum dalam peraturan, terpilihlah 5 calon. Dan kemudian terpilihlah 3 kandidat ketua terkuat, yaitu Arief Hidayat, Herman Kurniadi, dan Abdul Sittah. Berdasarkan musyawarah mufakat yang telah dilakukan, maka akhirnya kami menetapkan Akhina “Arief Hidayat” sebagai ketua Ldk Sunan Kalijaga periode 2013-2014.

Acara pun diakhiri dengan sambutan dari ketua lama dan ketua terpilih yang penuh dengan optimisme dan gelora semangat membara. Dan ditutup dengan lantunan doa yg dipimpin oleh Akh.Rusydi.

Sore itu, forum berakhir dengan haru biru para kader Ldk. Tak kuasa tetes tetes air mata pun berjatuhan. Air mata haru, sedih dan semua rasa tumpah menjadi satu. Yaa... perjuangan dakwah ini harus terus berlanjut kawan, maka teruslah berkarya, berbakti dan berarti, di manapun kita berada dan dengan siapapun itu. Teruslah saling menasihati dalam kebaikan, teruslah saling menguatkan, karena kita satu dalam bingkai Ukhuwah Islamiyyah.


Oleh: Ratna Ni’Am




0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)