Monday, January 7, 2013

Refleksi Akhir Tahun


bismillah...

Wahai diri, hisablah dirimu sebelum engkau dihisab.. perbanyak amalmu shalihmu sebelum maut menjemputmu..

Wahai diri, berhati-hatilah terhadap apa yang kita banggakan, karena itu belum tentu benar.. bercerminlah terhadap Al-Qur’an dan sunnah, bukan akal semata..

Wahai diri, ingatlah pesan seorang imam malik  -rahimahullah-.. “kalau kamu ingin memperbaiki kepemimpinan, perbaiki dulu masyarakatnya. Karena kelak merekalah yang akan menjadi calon pemimpin”. Pemimpin itu baik atau buruk tergantung bagaimana masyarakatnya... kalau masyarakatnya baik, maka tentulah ia akan memilih pemimpin yang baik pula. Pun demikian sebaliknya.

Wahai diri, Dakwah (ilallah) itu menang bukan karena banyaknya orang, namun karena lurusnya dakwah aqidah. Dakwah bukanlah semata-mata untuk merekrut banyak orang, tapi lebih kepada perbaikan akhlak, pelurusan akidah, pemahamannya, serta pengamalannya..

Kemenangan itu dekat ketika kita dekat dengan Allah..
umat islam kalau mau menang maka harus mau bersatu.. tidak sibuk mencaci dan mencela, namun menasehati itu perlu.. nasehat untuk kembali kepada Al-Qur’an dan As-sunnah sesuai pemahaman para shahabat, sebaik-baik umat yang dijamin surga oleh Allah..

wahai diri, janganlah terlalu sibuk menyalahkan orang lain, sedangkan yahudi-nasrani disana, bahkan di lingkungan sekitar kita, sibuk memurtadkan saudara-saudara kita. Dan tidak sedikit yang tergiur materi duniawi sehingga rela melepas islam.  Apakah kita diam saja??

wahai diri, kalau kita mau menang dakwah, kita harus dekat dengan masyarakat.. bagaimana mungkin kita bisa mendakwahi masyarakat jika kita tidak mengenal objek dakwah kita.. mulailah untuk mendakwahi diri sendiri, lalu keluarga, kemudian masyarakat.. sehingga terbentuklah masyarakat-masyarakat yang mentauhidkan Allah..

wahai diri sudah menjadi tugas kita, umat muslim saat ini untuk mempersiapkan generasi rabbani dengan mazhab nubuwwah untuk menyongsong khilafah, juga generasi yang bisa menaklukkan Roma sebagaimana disabdakan Rasulullah dalam hadistnya..


by: bintang senja
berdasarkan Kajian Pekan Keislaman, 29 Desember 2012
bersama Ustadz Fatan Fantastik



0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)