Saturday, November 10, 2012

LDK-Eksis


Oleh: Ratna Ni’Am

Keberadaan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) SUKA memang terasa begitu istimewa bagi para mahasiswa dan warga kampus. Meskipun usianya masih muda, namun aksinya sangat gesit. Banyak kegiatan-kegiatan besar telah berhasil diselenggarakannya.


 










Seperti pada 7 Juli 2012 yang lalu, LDK bekerjasama dengan SinemArt menyelenggarakan bedah buku dan film Cinta Suci Zahrana di Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Acara yang juga menghadirkan aktris utamanya Meyda Sefira itu mendapat sambutan yang cukup baik dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan siswa SMA sampai mahasiswa. Dan tidak hanya mahasiswa uin saja, namun ada juga mahasiswa dari universitas lain yang memang sengaja meluangkan waktu untuk datang menghadiri acara tersebut.



Dan belum lama ini, dalam rangka perekrutan anggota baru, LDK mengadakan Training Kader (TEKAD). Acara ini diselenggarakan di Shelter ACT, Pakem, Sleman dari tanggal 20-21 Oktober. Selama dua hari satu malam, para peserta yang berjumlah kurang lebih 50 orang tersebut, mendapat beberapa materi yang mengesankan dan di hari terakhir, mereka mengikuti acara outbond yang tujuannya untuk menanamkan jiwa kepemimpinan, kekompakan, tanggung jawab dan banyak hal lainnya.
Dari acara yang meski hanya dua hari tersebut, banyak pengalaman berkesan baik bagi panitia maupun peserta. bagi panitia, kita menjadi semakin dekat dengan sesama pengurus dan juga peserta. Bagi peserta, mereka akan menemukan banyak teman baru, keluarga baru dan pengalaman baru. Karena tak bisa dipungkiri, diacara itu kita akan merasakan suasana kekeluargaan yang begitu hangat, hingga suasana itu akan selalu kita rindukan.



para peserta mengikuti outbond




Acara yang terhangat, dan belum lama berlalu adalah Sarasehan bersama LDK Suka dan Duta Besar Amerika Serikat. Selasa, 23 Oktober 2012 di Teatrikal Pusat Bahasa, LDK mendatangkan langsung Kristen Beuver dan Hilary C.Douer selaku Kedubes Amerika Serikat  untuk Indonesia untuk berdiskusi bersama dengan mengangkat tema “Islam di Amerika”. Ruangan padat dipenuhi oleh mahasiswa yang sangat antusias untuk mengikuti diskusi terbuka itu. Meski hanya berlangsung sebentar namun diskusi itu mampu membuat suasana begitu hidup. Kita mendapat berbagai informasi tentang umat Islam di Amerika, yang ternyata disana merupakan agama tercepat perkembangannya. Kita juga mendiskusikan tentang isu-isu yang berkembang terkait dengan Amerika dan dunia Islam. Dan dari sana mata kita terbuka, bahwa sesungguhnya segala informasi yang datang kepada kita harus ditinjau dulu kebenarannya, karena terkadang media sering membesar-besarkan masalah atau membuat propaganda untuk kepentingan pihak tertentu. Informasi tentang beasiswa studi di Amerika juga sempat menjadi pembicaraan yang mampu menambah antusias para peserta.



Tak kalah menariknya, LDK juga menyelenggarakan Qurban sekaligus Bakti sosial di desa Kaliwiru,Kulon Progo pada tanggal 25-26 Oktober. Rangkaian acara, mulai dari Takbiran bersama warga kampung, sholat Id berjamaah, tadarus bersama, seminar kepemudaan, sampai lomba-lomba keagamaan. Penyembelihan hewan qurban sampai pengajian bapak-bapak dan ibu-ibu setempat berhasil diselenggarakan di sana. Kegiatan itu sebagai wujud kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita di lingkungan pelosok yang masih membutuhkan uluran tangan kita. Jadi LDK tidak melulu hanya berkutat dengan dunia kampus, namun juga peduli dengan lingkungan sekitar.

 anak-anak warga desa kaliwiru, antusias mengikuti kegiatan


Masih banyak agenda-agenda yang tentunya akan semakin variatif dan bermanfaat untuk kebaikan yang akan LDK selenggarakan di waktu-waktu yang akan datang. Dengan tak menyimpang dari gerak utamanya untuk selalu menebarkan kebaikan bagi semua, maka tentunya LDK akan terus berkarya dan bergerak ke depan untuk maju. Pekik takbir (Allahu Akbar), bukti semangat LDK begitu membara untuk terus berdakwah dan berjuang di Jalan-Nya.

Yuk... fastabiqulkhairat bersama LDK....:-)

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)