Monday, November 5, 2012

JADILAH SOLUSI



Ketika melihat permasalahan yang ada di sekitar kita. mulai dari kampus , lingkungan yang tak jauh dari permasalahan ekonomi, sosial, pendidikan, kebudayaan atau yang bersifat idealisme, pasti muncul dibenak kita sebuah pertanyaan, kapankah semua ini berakhir?. Ketika kita mencari suatu kebenaran pasti semua mengaku dirinya benar, dan ketika kita mencari sebuah kesalahan pastilah kesalahan itu datang dari orang lain, bukan dari diri kita. Terkadang kita terjebak pada sebuah keadaan yang hanya mencari kesalahan, memberi kritikan tetapi setelah itu tidak memberikan solusi konkret terhadap permasalahan.


Apakah diri kita seperti itu ataukah tidak?. Sebenarnya tidak perlu kita saling menyalahkan atas segala permasalahan tetapi lihatlah diri kita, sejuah mana kita berperan dalam penyelesain maasalah tersebut. Tugas seorang manusia tidak hanya pandai bicara dalam mengkritisi tapi juga pandai dalam memberi solusi. Dan solusi ini harus kita laksanakan secara nyata dalam kehidupan.

Ambil satu contoh, jika kita mempermasalahkan kebersihan. Tidak hanya cukup kita mengkritisi birokrasi akan sistem kebersihan yang ada walaupun kritis juga sangatlah penting buat kita. Kita tau masalahnya minimnya pegawai kebersihan, minimnya gaji mereka. Tetapi lihatlah diri kita, sejauh mana kita telah menjaga kebersihan. Alangkah dzalimnya kita jika kita berteriak tentang kebersihan tetapi diri kita masih membuang sampah sembaragan, acuh tak acuh terhadap lingkungan kita, tidak saling mengigatkan ketika sahabat kita membuang sampah sembarangan. Alangkah baiknya, ketika kita mengkritisi, kita juga bertindak. Membuang sampah pada tempatnya, mengambil sampah yang tidak pada tempatnya lalu kita buang ke bak sampah. Bayangkan, jika satu mahasiswa memungut satu sampah saja,dan dikali jumlah mahasiswa, betapa bersihnya kampus kita. Secara tidak langsung kita telah menjadi solusi, secara ibadah pun kita telah bersedekah. Karena telah membantu cleaning service yang kita tahu betapa berat tugas mereka dan menjaga kebersihan juga sebagain dari iman.


Sekali lagi jangan hanya mencari siapa yang salah, tapi fokuslah pada solusi dan bagaimana kita menjadi solusi terhadap setiap permasalahan. Karena sesungguhnya jika kita tidak menjadi solusi, berarti kita menjadi bagian dari masalah. Mulai dari diri kita, mulai dari yang terkecil, dan mulai saat ini juga. Tetaplah optimis untuk kampus kita yang lebih baik. Manusia paling baik adalah yang paling bermanfaat terhadap yang lainnya, jangan sampai ada atau tiadanya kita tidak memberikan nilai manfaat sedikitpun.   Ada pepatah yang mengatakan orang gagal ketika ia dihadapkan kepada permasalahan, ia akan focus terhadap masalah, tetapi orang sukses akan focus terhadap solusi.

Oleh: Johan Rubiyanto


0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)