Sunday, March 18, 2012

Nih beberapa keistimewaan Ibadah Pagi Hari, Siapa yang mau???

Solat Subuh Pahala Melimpah
          Bro/sist sekalian, . . . hampir kita semua sepakat bahwa Ibadah Wajib paling Pagi Yang kita kerjakan adalah Sholat Subuh .. .  Nahh sembari menungu Waktu utama Sahur yakni sahur yang di akhirkan ( menurut beberapa informasi jaraknya sekitar 50 ayat dibaca tartil sebelum subuh ) Via artikel ringan Kita akan sedikit kupas tiga keistimewaan ibadah sunah disekitar waktu subuh tersebut . ..  mari kita mulai . . .

Yang pertama adalah tentunya shalat subuh itu sendiri. Untuk sholat yang satu ini kapan kapan kita akan bahas secara mendalam keutamaanny .. .  namun secara Leterlek Allah SWT sudah memberikan keterangan tegas tentang sholat subuh seperti yang tercantum dalam surat Al Isra: 78 :

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

ditambahlagi hadist Rasulullah :

“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya’ dan Shubuh, jika mereka mengetahui pahalanya, niscaya mereka mendatanginya kendatipun dengan merangkak.”

Wooow, bro bayangka . . . disaksikan Malaikat githu lho  .  . . Lumayan merinding kalo membayangkan bro


Yang kedua adalah dua Rakaat shalat Sunnah sebelum SUbuh ( shalat qabliyah shubuh) Untuk yang satu ini, Hadist Sahih Riwayat Muslim yang menerangkan

“Dua raka’at Shalat Fajr (shalat qabliyah shubuh) lebih baik dari pada dunia dan seisinya.”

Sebuah Kiasan Yang super duper daleeemmm bro/sist   . Lha kita kerja siang-malam buat mengejar dunia, namun ternyata ada satu waktu sholat yang lebih baik dari Dunia dan isinya . . . Sholat Qabliah subuh bro . . .


Yang ketiga adalah Duduk diam (I’tiqaf) setelah sholat Subuh berjamaah di Masjid, menunggu datangnya Waktu terbit matahari (Syuruq) dan lalu mengerjakan Shalat sunah Syuruq. Syaratnya adalah Kita harus hadir di Shalat Subuh berjamaah di Masjid, lalu diam sampai Lewat waktu Syuruq . Ingat bro Waktu Syuruq adalah waktu yang dilarang untuk Sholat, cmiiw . . . nah Kita mengerjakan sholat sunah Syuruq beberapa saat (menit) setelah Syuruq (biasanya kalender imsyakiah menerangkan kapan waktu syuruq terjadi )  . . . Apa yang akan diperoleh? Silahkan simak hadist berikut:

“Barangsiapa yang shalat shubuh dengan berjama’ah kemudian dia berdzikir kepada Allah Ta’ala sampai terbitnya matahari lalu dia shalat dua raka’at, maka pahalanya seperti pahala berhaji dan ‘umrah, sempurna, sempurna, sempurna.”

(HR. At-Tirmidziy no.591 dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albaniy di dalam Shahih Sunan At-Tirmidziy no.480, Al-Misykat no.971 dan Shahih At-Targhiib no.468, lihat juga Shahih Kitab Al-Adzkaar 1/213 karya Asy-Syaikh Salim Al-Hilaliy)

          Tentu yang terakhir ini cukup berat bagi Kta yang harus pagi pagi berangkat ke Kantor, sekolah, atau keperluan lain  . . . namun mudah mudahan bisa dilakukan sat week end dimana waktu pagi kita lebih leluasa . . . Lumayan bro . . . pahala haji githu looo . . . . . Naaah Udah tiga tuh, kayaknya nggak sulit sulit amat kan? 

(Kang Taufik)

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun :)